Sabtu, 06 November 2010

TUGAS MANAJEMEN OPERASI

SURVEI TERHADAP PENGGUNA SEPEDA MOTOR DI LINGKUNGAN KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH

KABUPATEN ACEH UTARA

1. Latar Belakang

Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Utara merupakan salah satu Instansi pelayanan publik yang terkenal di kota Lhokseumawe. Banyak Pegawai kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Aceh Utara menggunakan Sepeda motor sebagai alat transportasi karena efektif dan efisien.. Apabila kita mengunjungi kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh utara, kita bisa melihat banyaknya kendaraan sepeda motor yang terparkir di lingkungan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Utara dengan berbagai macam tipe dan merek Sepeda motor, diantaranya Honda, Yamaha, Kanzen dan Vespa.

Berdasarkan hal tersebut saya melakukan ”SURVEI TERHADAP PENGGUNA SEPEDA MOTOR DI LINGKUNGAN KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN ACEH UTARA”.

2. Rumusan Masalah

Adapun masalah-masalah yang ingin saya bahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

a. Merek Sepeda motor yang dipilih oleh Pegawai Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Aceh Utara sebagai alat Transportasi,

b. Alasan mengapa memilih Honda, Yamaha, Kanzen, dan Vespa,

c. Tiga Aspek strategi produk Honda.

3. Pembatasan Masalah

Pencapaian tujuan Survei Terhadap Pengguna Sepeda Motor Di Lingkungan Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Utara untuk mengetahui merek dan tipe unggulan Sepeda motor yang di gunakan oleh Pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Utara.

Mengingat luasnya masalah yang berkenaan dengan judul penelitian dan terbatasnya waktu yang tersedia, maka saya membatasi masalah dalam penelitian ini yaitu penelitian ini dilakukan hanya terhadap Pegawai yang bekerja di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Utara.

4. Tujuan Penelitian

Saya ingin mencapai beberapa tujuan dalam penyusunan penelitian ini yaitu sebagai berikut:

1. Membandingkan produk sepeda motor yang digunakan oleh pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Aceh Utara,

2. Mengetahui Produk Unggulan dan Merek Sepeda motor,

3. Mengetahui alasan mengapa Pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah memilih produk Honda, Yamaha, Kanzen, dan Vespa.

5. Mamfaat Penelitian

Sehubungan dengan tujuan penelitian di atas, penelitian juga bermamfaat untuk dapat memberi informasi bagi para pengguna sepeda pada umumnya dan para produsen sepeda motor khususnya dalam upaya peningkatan kualitas produk sepeda motor.

Adapun mamfaat penelitian ini bagi para pengguna sepeda motor adalah dapat membandingkan tingkat keunggulan dan kelemahan dari berbagai produk sepeda motor. Sehingga para konsumen tidak salah dalam memilih sepeda motor sebagai alat transportasi. Sedangkan mamfaat bagi para produsen Sepeda motor adalah dapat meningkatkan kualitas produk sepeda motor sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat menjadi produk unggulan yang memiliki atribut produk yang handal.

6. Hasil Penelitian

Data dari Survei yang saya lakukan Terhadap Pengguna Sepeda Motor Di Lingkungan Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Utara yang telah terkumpul yaitu data yang saya peroleh dari hasil observasi dan wawancara dengan pengguna sepeda motor di lingkungan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kab.Aceh Utara terhadap 15 Pegawai, yang diantaranya 9 orang pengguna Honda, 3 orang pengguna Yamaha, 2 orang pengguna Kanzen, dan 1 orang pengguna Vespa.

a. Alasan 9 orang Pegawai memilih Honda sebagai alat Transportasi:

- Harganya mudah dijangkau,

- Harga jualnya tinggi,

- Desainnya luar biasa,

- Sparepartnya/suku cadang mudah diperoleh,

- BBMnya irit,

- Tahan lama,

- Awet,

- Sudah dipercaya sejak lama,

- Modelnya Up to date,

- Cocok untuk semua kalangan,

- Sudah di pakai secara turun temurun,

- Bodynya ringan, sehingga mudah digunakan.

- Service yang memuaskan

b. Alasan 3 orang Pegawai memilih Yamaha sebagai alat Transportasi:

- Kecepatannya dahsyat,

- Image Valentino Rossi,

- Desainnya luar biasa,

- Gaya bodynya yang mentereng,

- Mesinnya tangguh,

- Tarikannya cepat,

- Cocok untuk kawula muda,

- Sparepartnya murah,

c. Alasan 2 orang Pegawai memilih Kanzen sebagai alat Transportasi:

- Murah,

d. Alasan 1 orang Pegawai memilih Vespa sebagai alat Transportasi:

- Unik,

- Mudah digunakan,

Dari Hasil Survei juga diperoleh alasan mengapa konsumen tidak memilih honda ,diantaranya:

- Tarikannya lambat,

- Onderdilnya mahal,

Alasan konsumen tidak memilih Yamaha:

- Boros BBM,

- Harga jual merosot,

- Mahal.

Alasan konsumen tidak memilih Kanzen:

- Cepat rusak,

- Mesin tiruan,

- Enggak Puas,

- Harga jual turun drastis.

Alasan konsumen tidak memilih Vespa:

- Boros BBM,

- Harga Jual turun,

- Enggak Puas.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa produk Honda telah berhasil memenuhi kebutuhan konsumen dengan banyaknya pengguna honda dikalangan Pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Kab.Aceh Utara yaitu 9 orang dari jumlah pegawai keseluruhan yaitu 15 orang. Keberhasilan produk honda diperoleh dari berbagai tipe yang di produksi oleh Honda dengan atribut yang handal dan inovasi yang tinggi. Sehingga konsumen dapat memilih berbagai tipe sesuai dengan kemampuan ekonomi dan tingkat kebutuhan.

Produk Honda telah banyak mengalami ”Product life Cycle” atau daur hidup produk di setiap tipe yang dihasilkan Honda, mulai dari tipe Astrea, Supra, Supra X, Supra Injection, Supra 125, Supra FIT, Vario.

Menurut saya Honda telah memenuhi 3 aspek strategi produk yaitu:

1. Produk Inti ( Core Product )

Produk inti Honda merupakan mamfaat inti yang ditampilkan oleh produk yang dihasilkan Honda kepada konsumen yaitu Pegawai di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Aceh Utara dalam memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka dalam memilih kendaraan sebagai alat Transportasi yang efektif dan efisien dengan berbagai tipe yang dihasilkan yang didukung atribut produk honda yang handal seperti:Body honda yang keren, mesinnya tahan lama, BBMnya Irit, dll.

2. Produk yang diperluas (Augmented Product )

Honda memberikan garansi terhadap setiap produk/tipe yang dihasilkan kepada konsumennya, bahwa selama masa garansi, Honda menjamin kepada konsumennya bahwa selama masa garansi, Honda atau pusat layanan resmi Honda dalam waktu yang wajar secara secara komersial dan tanpa dikenakan biaya akan mereparasi/memperbaiki cacat pada material, mesin, desain/rancangan, ganti oli gratis atau dalam pembuatannya apabila dianggap perlu dan mengganti produk sesuai dengan garansi yang diberikan. Apabila konsumen mendapat keluhan atau ingin mengajukan klaim maka dapat mengunjungi dialer-dialer resmi Honda atau AHASS terdekat. Hal ini membuktikan bahwa Honda telah banyak melakukan “Augmented Product”.

3. Produk Formal

Honda merupakan produk formal yang memilki penampilan/perwujudan dari produk inti maupun perluasan produknya yang dikenal dikalangan konsumen (tangible offer/daya tarik yang tampak langsung), diantaranya: desain berbagai tipe Honda, mesinnya yang memilki daya tahan yang lama, mutunya terjamin, tipe yang inovatif, dan desain yang handal.(Seperti yang saya jelaskan diatas, Alasan konsumen memilih Honda sebagai transportasi).

Jadi saya dapat mengambil kesimpulan bahwa konsumen di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Aceh Utara dapat membentuk pemetaan pasar sepeda motor (posisi produk) sebagai berikut;

- LeaderMarket ( HONDA )

- Chalengger Market ( YAMAHA )

- Niches ( KANZEN )

- Followers ( VESPA )

Demikian penelitian saya tentang Survei Terhadap Pengguna Sepeda Motor Di Lingkungan Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Utara, saya mohon maaf atas ketidaksempurnaan dari penelitian yang saya lakukan, dan saya mengucapkan terimakasih atas bimbingan yang ibu pembimbing berikan sehingga saya mengerti tentang aspek strategi produk pada mata kuliah Manajemen Operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar